﷯ ﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯Punk Collage﷯ ﷯﷯﷯﷯﷯ ﷯﷯ ﷯﷯﷯Rating: 4.7 (427 Ratings)﷯﷯145 Grabs Today. 93882 Total Grabs. ﷯
﷯﷯﷯﷯﷯Preview﷯﷯ | ﷯﷯Get the Code﷯﷯ ﷯﷯ ﷯﷯﷯﷯25﷯﷯ ﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯﷯The Only﷯ ﷯﷯﷯﷯﷯ ﷯﷯ ﷯﷯﷯Rating: 4.6 (40 Ratings)﷯﷯138 Grabs Today. 43739 Total Grabs. ﷯﷯﷯﷯﷯﷯Preview﷯﷯ | ﷯﷯Get t BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS ?

Kamis, 17 September 2009

"Menapak Tilas Kata Celengan" -Info

Assalammu’alaikum, sobat………
SmileyCentral.com

Sekarang aku mau menyampaikan obrolan aku dan temanku beberapa waktu yang lalu. Ya, waktu itu kami asyik menyerocos-cas-cis-cus. Biasalah saat itu kami obral-obrol. Tapi kalau aku dibilang ngobrol, sebenarnya gak juga sih. Eh, kok bisa? Hemmm… soalnya aku lebih senang menjadi pendengar setia. Have fun aja mendengarkan cerita orang. Nyem…nyem… enak lho, mantep lho. Okay, simak obrolan kami yukss


Ni, tau gak arti celeng itu apaan?”, tanpa ba-bi-bu, tiba-tiba saja temanku menodongkan pertanyaan.


Aku yang tiba-tiba ditodongin pertanyaan aneh jadi sedikit kalap , “He’eh, apaan yah?”. Akupun memutar otak. Hmm… pernah dengar sih, tapi dimana ya? di Pasar kagak ya? Eh, nggak ding. Di Cina mungkin? He’eh aku kan belum pernah kesana. Huft. So, dimana ya? tiba-tiba otakku menemukan sinyal jawaban. oh…. sekarang aku sudah ingat!! Kalau gak salah di TV aku berulangkali mendengar Pembawa Berita mengatakan “celeng”…. Dia bilang apa ya?..... Daging celeng ya… SmileyCentral.com


“Pemirsa, banyak pedagang nakal yang mencampur daging ternak mereka dengan daging celeng…… mereka ia mendapat untung…. Jadi anda harus berhati-hati….. jika tidak ingin tertipu…..”, patah-patah aku berusaha mengingat-ingat ucapan Sang Pembawa Berita di TV.
Upsss, sekarang aku sudah tahu. Ternyata celeng itu adalah….. SmileyCentral.com


“Ya, ya, ya tahu-tahu…. Celeng itu piggy* kan?”, kataku berapi-api seperti anak kecil yang telah menemukan es krim sebanyak satu truk. Weleh-weleh, semangat sekali ya…



“He’eh. Kok ani bisa tahu? Itu kan bahasa jawa?”, tanyanya lagi sambil geleng-geleng kepala -Heheheh… mungkin kagum kali ya. Eitss, tapi untuk menjawab pertanyaan yang satu ini aku tak memerlukan banyak waktu.


“Tahu dong. Wong aku sering denger di TV!”, aku menjawab sambil berekspresi seolah-olah hendak mengatakan, Ani githu loh…. SmileyCentral.com


Oooh….”, duh, temanku malah ber-Oooh-ria. “Mmm… mungkin celengan itu asal katanya dari kata celeng gak?”, lanjutnya.


Aku takjub SmileyCentral.com. Ternyata temanku ini doyan banget bertanya. Ya, sudah. Seperti kata orang bijak, “Malu bertanya, sesat di jalan”. Tapi kalau anak-anak jaman sekarang bakal dipelesetin jadi begini, “Malu bertanya, ya… jalan-jalan” –eh, tapi aku kan juga anak jaman sekarang? SmileyCentral.com

Sudahlah.
Lupakan.


Aku pun kembali memikirkan jawaban atas pertanyaannya. Hmm… mungkin gak ya… oh, iya… aku pernah melihat celengan berbentuk piggy*. Tapi kayaknya sudah lama banget sih. Gak kayak sekarang, celengan banyak kita temui dalam bentuk ayam jago. Woekeh, setelah berdiskusi dengan diriku sendiri aku pun mengemukakan jawabanku.

“Eh, mungkin benar juga atuh…”, jawabku singkat –males ditodongin pertanyaan aneh lagi kayaknya ^^. Dan ding-dong! Ternyata ia gak bertanya yang aneh-aneh lagi. Sepertinya ia bisa menerima jawabanku dengan senang hati. Lega rasanya.


Sobat d’ Dreamers mengerti gak dengan obrolan singkat kami barusan? Eh, kok malah pada cengengesan? Upss, sorry dori mori kalau belum mengerti. Dan, maaf, sepertinya anda belum beruntung, heheheh… Untuk yang sudah mengerti, syukur Alhamdulillah… Kalau begitu, udah, deh. Sini tak jelasin maksudnya ya ^^. But, don’t go anywhere yah? Okay, let’s check problem point… SmileyCentral.com


Hemm… jadi obrolan bermula dari temanku yang asyik masyuk bertanya seputar piggy* atawa dalam bahasa jawanya yaitu celeng. Rupa-rupanya aku lumayan sering mendengar kata celeng itu dari siaran berita yang kutonton. Temanku pun menduga “mungkin saja celengan itu berasal dari kata celeng”. Aku mengangguk-angguk tanda setuju atas analisisnya. Soalnya dulu aku pernah melihat celengan berbentuk piggy*, entah itu di komik, di TV, atau dimana saja deh. Huft. Tapi mungkin sudah lama sekali. Nah, begitulah ceritanya –gak nyangka ternyata penjelasannya bisa sesingkat ini- takjubSmileyCentral.com.


Mungkin benar juga ya, kalau celengan itu berasal dari kata celeng. So, ada yang setuju dengan pendapat kami gak? Nah, aku juga sempat mencarinya di google dengan kata “Asal Mula Kata Celengan” supaya lebih tepat, akurat, tajam dan terpercaya.


Dan ternyata yang pertama nyantol di google adalah ini….

menurut yg saya baca di kompas, asal mula kata 'celengan' adalah sebuah tembikar berbentuk babi (jw : celeng) yang dipakai untuk menyimpan uang. ...
denbagusediduk.multiply.com


Saking girangnya langsung ku-copy deh tulisan di atas. Weleh-weleh, sangat membantu BeGeTe. Thanks a lot…….. SmileyCentral.com


Teman-teman tahu gak, dalam kamus Bahasa Indonesia Celengan adalah barang atau sesuatu yang dipakai untuk menyimpan (menabung) uang.
Sedangkan Celeng adalah babi hutan, babi yang bersiung.


So, udah setuju kagak neeh?



Woekeh. Akhirnya postingan kali ini sudah selesai juga. Alhamdulillah… ternyata postingannya masih bisa terbit. Padahal sudah ngaret dari beberapa hari yang lalu –hihihih….
Well, tunggu postingan selanjutnya ya!

Persis di saat yang bersamaan Queen lagi menggaruk-garuk kepala. Sebenarnya gak gatal sih. Ugh, Queen masih belum ngerti nih... dari tadi pada ngomongin apaan sih? tanyanya dalam hati. Weleh-weleh…pantesan Queen gak ngerti, wong dari tadi dia asyik molorr, hihihih….


Wassalam^^

SmileyCentral.com

0 komentar: